Senin, 04 Januari 2010

PENGARUH INTERNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Internet menyediakan beragam informasi seperti ensiklopedi pengetahuan, pendidikan, berita, dan hiburan. Informasi-informasi tersebut dapat disajikan dalam bentuk teks maupun multimedia (gambar, suara, animasi, video ). Sebagai pengguna (client) kita dapat mengakses berbagai macam informasi yang kita inginkan. Internet juga memungkinkan pertukaran data atau informasi antar pengguna internet dengan memanfaatkan layanan server email.
Selama menggunakan internet, kita seakan – akan dapat menjelajahi seluruh penjuru dunia dengan mengakses informasi di computer server (situs web) yang bermarkas di berbagai tempat. Kita juga dapat berkomunikasi dengan pengguna internet dimanapun secara cepat meskipun terpisah jarak ribuan kilometer.
Internet memungkinkan penggunanya saling berkomunikasi melalui surat elektronik
(e-mail), melakukan transaksi komersial (e-commerce), mengakses pustaka (e-library), dan belajar secara online menggunakan perangkat lunak (e-learnimg). Dalam perusahaan perbankan dapat memberikan pelayanan kepada nasabahnya melalui internet (internet banking atau e-banking), sedangkan pemerintah dapat memberikan layanan pada masyarakat luas secara online melalui internet dengan program yang disebut e-goverment.
Selain itu internet dapat membantu pengguna untuk menemukan informasi secara cepat, menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya.
Dengan adanya Internet lebih ekfetivitas biaya karena pengguna dapat melihat atau membaca data melalui WEB browser tidak perlu membaca data fisik seperti buku manual, lembaran data telepon, maupun lembaran data permintaan.
Kita juga akan lebih efisien waktu karena dengan internet kita dapat mencari dengan mudah dan cepat semua informasi yang kita butuhkan tanpa harus membaca dan merangkum buku terlebih dahulu.
Internet juga sangat berguna dalam proses belajr-mengajar dimana para pelajar ataupun mahasiswa dapat melengkapi pengetahuannya sedangkan bagi para pengajar dapat mencari bahan ajar yang sesuai dan inovatif melalui internet.

0 komentar:

Posting Komentar