Sabtu, 02 April 2011

Direct Acces Storage Device

DIRECT ACCES STORAGE DEVICE
Kebutuhan dari simpanan luar yang sifatnya pemasupan secara langsung telah dirasakan sejak komputer generasi pertama dan mulai di gunakan pertama kalinya di sistem komputer RAMAC 305 pada tahun 1956. Kelebihan dari DASD dibandingkan dengan SASD adalah kecepatan dari waktu pemasukannya dan banyak aplikasi yang membutuhkan hal seperti ini. Simpanan yang termasuk dalam DASD diantaranya adalah Magnetic disk, tape strip cartridge, optical disk, magnetikdrum dan magnetic bubble memory.
MAGNETIK DISK
Magnetic disk (piringan/disk magnetic) adalah simpanan luar yang terbuat dari satu atau lebih piringan yang bentuknya seperti piringan hitam yang terbuat dari metal atau dari plastik dan permukaanya dilapisi dengan lapisan magnet iron-oxide. Disk magnetik yang terbuat dari plastik yang terdiri dari sebuah piringan saja disebut dengan floopy disk, yaitu micro disk dan mini disk,sedang yang terbuat dari metal dan terdiri dari banyak piringan disebut hard disk.
MICRO DISK
Micro disk (disk micro) terbuat dari piringan plastik berukuran diameter yang cukup kecil yaitu
3 ½ inchi yang dapat dimasukkan ke dalam saku baju. Piringan dari micro disk di bungkus kedalam suatu tempat yang terbuat dari plastik keras sehingga lebih awet, tidak mudah tergores dan tidak mudak tertekuk.
Micro disk karena terbuat daribpiringan plastik yang lentur , disebut juga dengan nama micro floopy.
Micro disk merupakan perkembangan dari mini disk dan mulai banyak digunakan di komputer-komputer micro.

MINI DISK
Pada tahun 1972 IBM memperkenalkan mini disk sebagai media penyimpan program untuk mainframe computer. Mini disk terbuat dari plastik tipis yang lentur dan dilapisi dengan lapisan magnetik serta dibungkus dengan suatu jaket pelindung.
Read/write protect notch (lubang proteksi baca atau tulis) bila di tutupi, maka mini disk sifatnya menjadi Read-Only, yaitu informasi hanya bisA dibaca.
Tetapi tidak bisa direkamkan ke mini disk. Banyaknya informasi yang mampu direkamkan di permukaan disk tergantung dari density (kepadatan)disk. Kepadatan disk ditentukan dengan 2 cara :
1) Track density,yaitu jumlah dari track di permukaan disk yang di ukur dengan satuan track per inch (tpi).
2) Linear density, yaitu dari bit yang dapat direkamkan tiap inchi untuk tiap track.
Permukaan piringan yang di lapisi dengan zat magnetic dapat berupa satu sisi, yang disebut dengan single slided (satu sisi) atau bisa kedua-duanya yang disebut double slided (dua sisi).
Ukuran diameter dari mini disk yang tersedia adalah 5 ¼ inchi dan 8 inchi. Computer micro sampai dengan era IBM PC AT banyak menggunakan ukuran 5 ¼ inchi.
HARD DISK
Hard disk (disk keras) terbuat dari piringan keras dari bahan aluminium atau keramik yang dilapisi dengan zat magnetic. Karena piringan hard disk bentuknya keras dan kaku, maka suatu hard disk dapat terdiri dari 5 sampai 100 piringan yang disusun. Ukuran diameter piringan hard disk umumnya adalah 14 inchi, 8 inchi, atau 5 ¼ inchi.
Ukuran 14 dan 8 inchi biasa dipakai pada computer besar dan mini, sedangkan diameter 5 ¼ inchi digunakan pada computer micro.
Hard disk dapat berupa removable disk (disk pack), fixed disk (Winchester disk) atau disk cartridge.
Removable disk (disk pack) adalah hard disk yang dapat dilepas dari alat penggeraknya (disk drive) dan Read/write head letaknya ada di disk drive tidak di dalam hard disk.
Keuntungan hard disk adalah dapat dilepas dari penggeraknya dan dapat di bawa-bawa.
Kekurangannya adalah kemungkinan permukaan piringan dapat rusak karena tergores dengan read/write head sewaktu dipasangkan ke disk drive.

0 komentar:

Posting Komentar