Sabtu, 02 April 2011

uang dan sejarahnya

Sejarah Uang

Kehidupan masyarakat zaman dulu sangat sederhana,,,mereka berburu,,bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,,,lalu bagaimana peternak mendapatkan Beras?? dan Bagaimana petani mendapatkan ikan??
Untuk memenuhi barang kebutuhan,,karena pada saat itu mereka tidak mengenal uang,maka diadakan cara tukar menukar barang atau dalam bahasa kerennya Barter,,,petani menukar berasnya dengan ikan milik seorang peternak,,atau sebaliknya,,,


Dengan berkembangnya proses berpikir manusia,lambat laun proses barter tidak digunakan lagi,karena mungkin dirasakan banyak dampak kerugian dalam proses barter,,,Maka dari itu munculah cara baru,yaitu dengan benda benda tertentu sebagai alat tukarnya. barang-barang tersebut berupa barang yang digunakan sehari-hari,seperti Garam,manik manik,kulit kerang atau tanah liat.

Sekitar abad ke-17 M manusia menggunakan Uang logam sebagai alat tukarnya,,Logam berupa emas dan perak,,dan pada akhirnya sampai saaat Manusia menggunakan Uang kertas sebagai alat tukarnya.

Menurut yang saya baca, Penciptaan uang adalah proses memproduksi atau menghasilkan uang baru,,Pasti enak jika saya bisa dan diberi hak untuk memproduksi uang baru,,,,hahahhhahaha,,,,,tapi jangan salah,,
semua ada aturannya,,,produksi uang yang berlebih akan membawa dampak negative dalam suatu perekonomian negara,,,contoh:


Terjadinya hiperinflasi,dimana jumlah uang yang beredar tidak seimbang dengan jumlah barang,,akhirnya Harga barang melambung tinggi.
Daya beli masyarakat turun,,mereka tidak sanggup membeli barang-barang kebutuhan mereka,,dampak susulannya adalah krisis ekonomi.

Justru itu semua harus ada aturannya,ya tentunya harus diperhitungkan nilai tukar idealnya,
Pertimbangannya adalah Nilai tukar ekspor-impor,,Permintaan dan Penawaran terhadap nilai mata uang asing,dan sebagainya,,,Karena itu ada yang dinamakan Kebijakan moneter,yaitu Kebijakan pemerintah untuk menjaga stabilitas nilai mata uang,,,

0 komentar:

Posting Komentar