Kamis, 09 Mei 2013

Pengertian Etika , Profesi dan kode etik

Menurut pendapat saya, etika adalah suatu tata krama atau yang biasa di sebut sopan santun kepada yang lebih tua dan harus kita hormati. Etika menunjukan sifat atau kepribadian seseorang,tentang bagaimana seseorang itu menempatkan diri kepada lingkungan,keluarga,atau teman -teman di sekitarnya.
Seseorang dikatakan mempunyai etika disaat orang tersebut telah menghargai dan menghormati orang lain.Etika pada dasarnya merupakan sesuatu yang berada dalam diri manusia atau sekelompok yang diyakini benar.
Sedangkan profesi merupakan suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menjadikan sebuah usaha tersebut sebagai lapangan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhab hidupnya.

Kode etik merupakan sebuah peraturan yang tertulis, mengikat, dan memiliki sanksi. Berbeda dengan hukum yang berlaku untuk seluruh masyarakat, kode etik hanya mengikat pada sekelompok orang tertentu saja. Misalnya orang yg berprofesi sebagai dokter, mempunyai kode etik yg harus di patuhi dan dapat terkena sanksi bila dilanggar

0 komentar:

Posting Komentar